bloger indonesia

bloger indonesia

 

Beberapa hari yang lalu saya iseng googling dengan kata kunci “Blog Terbaik di Indonesia”

Setelah saya cek satu persatu dari halaman pertama sampai halaman sepuluh di Google, rata-rata isinya sama. Daftar blog terbaik di Indonesia kalo isinya bukan tentang blog, paling tentang SEO dan bisnis online.

    Kenapa bisa begitu, Mas?

Kebanyakan blogger menilai kepopuleran sebuah blog hanya dari ranking Alexa. Padahal yang namanya Alexa sama sekali tidak akurat. Mungkin untuk ranking 1 sampai 500 masih bisa dibilang akurat, tapi jika sudah di atas 500, tidak bisa dijadikan sebagai acuan kepopuleran sebuah blog.

Blog yang membahas tentang blog, SEO, dan bisnis online, cenderung memiliki ranking alexa yang rendah karena rata-rata pengunjungnya seorang blogger. Kenapa bisa begitu? karena kebanyakan blogger menginstal Alexa toolbar pada browser.

Seperti yang sobat tahu, alexa toolbar merupakan salah satu alat yang digunakan oleh alexa untuk menentukan ranking sebuah website.

Nah oleh karena itu pada postingan ini saya ingin menampilkan daftar blog terbaik di Indonesia yang saya nilai bukan berdasarkan ranking Alexa, melainkan berdasarkan originalitas konten, kualitas konten, jumlah follower di media sosial, dan umur blog.

Di bawah ini juga saya tampilkan sumber penghasilan dari masing-masing blog. Sumber penghasilan hanya perkiraan, jadi bisa benar dan juga bisa salah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

obat bius

bloger indonesia terbaik